KONSUMSI DAN TABUNGAN DAN INVESTASI

Pada bab sebelumnya kalian telah membahas mengenai pendapatan per kapita, yaitu pendapatan untuk setiap penduduk. Pendapatan seseorang berpengaruh pada pola atau kegiatan konsumsi seseorang. Kegiatan konsumsi adalah kegiatanpemakaian suatu barang yang bersifat menghasilkan atau mengurangi nilai guna suatu barnag untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

A. Konsumsi
Konsumsi merupakan tindakan pelaku ekonomi, baik individu maupun kelompok, dalam menggunakan komoditas berupa barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Mengapa kita harus memahami konsumsi? Membahas konsumsi sangat penting untuk analisis ekonomi jangka panjang maupun jangka pendek suatu negara. Secara agregat, konsumsi merupakan penjumlahan dari pengel;uaran seluruh rumah tangga yang ada dalam suatu perekonomian. Dengan mengetahui total pengeluaran suatu perekonomian, maka akan dapat diketahui beberapa masalah penting yang muncul dalam perekonomian, seperti pemerataan pendapatan, efisiensi penggunaan sumber daya dalam suatu perekonomian , masalah-masalah lainnya. Dengan demikian, kita dapat menganalisis dan menentukan kebijakan ekonomi guna memperbaiki atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Secara umum, pengeluaran konsumsi terbagi menjadi konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga. Namun dalam pembahasan kali ini kita lebih menekankan ada konsumsi rumah tangga, alasannya sebagai berikut.
Konsumsi rumah tangga memiliki porsi yang blebih besar dalam pengeluaran agregat jika dibandingkan dnegan konsumsi pemerintah
Konsumsi rumah tangga bersifat endogen, dalam arti besarnya konsumsi rumah tangga berkaitan erat dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Keterkaitan ini akan menghasilkan teori dan model ekonomi sendiri untuk konsumsi/
Perkembangan masyarakat begitu cepat menyebabkan perilaku konsumsi juga berubah cepat sehingga pembahasan tentang konsumsi rumah tangga akan tetap relevan

a. Pengertian Fungsi Konsumsi
Fungsi konsumsi adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat konsumsi rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam suatu perekonomian.
Persamaannya   C = a + bY
Keterangan :
C = tingkat konsumsi
a = konsumsi rumah tangga secara nasional pada saat pendapatan nasional 0
b = kecondongan konsumsi marginal
Y = tingkat pendapatan nasional

b. Kecenderungan Mengkonsumsi (Propensity to Consume)
Kecenderungan mengonsumsi dibedakan menjadi dua yaitu :
– Kecenderungan mengonsumsi marginal
– Kecenderungan mengonsumsi rata-rata
Kecenderungan mengonsumsi marginal yaitu perbandingan antara pertambagan (AC) yang dilakukan dengan pertambahan pendapatan disporsabel (AY).
MPC= ∆C/∆Yd
Keterangan
MPC = Marginal Propensity to concume (kecondongan mengosumsi marginal)
∆C = pertambahan konsumsi
∆Yd = pertambahan pendapatan
Kecenderungan Mengonsumsi Rata-rata (Average Propensity to Consume)
Kecenderungan mengonsumsi rata-rata yaitu perbandingan antara tingkat konsumsi (C) dengan tingkat pendapatan diposabel serta konsumsi itu dilakukan (Yd).
APC= C/Yd Keterangan
APC = konsumsi rata-rata
C = tingkat konsumsi
Yd = besarnya pendapatan disposabel
Untuk lebih jelasnya lihat tabel APC dan MPC di bawah ini :

Tahun Y C APC MPC
2004 110 120 1,09
2005 140 140 1,00 0,67
2006 170 160 0,94 0,67
2007 200 180 0,90 0,67
2008 230 200 0,87 0,67

Contoh mencari fungsi konsumsi dan menggambar grafiknya :
Jawab :

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi
Kita telah mempelajari faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi individu, antara lain pendapatan yang diterima, tingkat harga, selera. Kali ini, kita akan mencoba membahasnya dari segi ekonomi makro. Faktor-faktor yang mempengaruhi keseluruhan konsumsi rumah tangga diklasigikasikan ke dalam tiga bagian, antara lain faktor ekonomi, demografi, dan faktor nonekonomi, ada juaga yang membedakan faktor obyektif dan subyektif

B. Pengertian Fungsi Tabungan
Fungsi tabungan adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam perekonomian
S = -a + (1 – b) Y

Keterangan :
S = besarnya tabungan (save)
A = konnsumsi yang harus dipenuhi pada saat pendapatan nol
1-b = marginal prospensity to save
Y = pendapatan nasional

Marginal Prospensity to Save (MPS)
Kecenderungan menabung marginal merupakan perbandingan antara pertambahan tabungan dengan pertambahan pendapatan disposabel.
MPS= ∆S/∆Yd
Keterangan :
MPS : Marginal Prospensity to saving (kecondongan menabung marginal)
S : pertambahan tabungan
Yd : pertambahan pendapatan
Average Prospensity to Save (APS)
Kecondongan menabung rata-rata merupakan perbandingan antara tingkat tabungan (S) dengan tingkat pendapatan. Hubungan antara pendapatan, dan tabungan dinyatakan dalam rumus:
Y = C + S
Keterangan
Y : Pendapatan
C : konsumsi
S : Tabungan
Antara MPC dengan MPS mempunyai hubungan yang cukup erat, hal in bisa kita buktikan dengan mempergunakan persamaan sebagai berikut:
MPS + MPC = 1
MPC = 1 – MPS atau
MPS = 1 – MPC
Hubungan antara Pendapatan, Konsumsi, dan Tabungan
Dinyatakan dengan rumus sebagai berikut
Y = C + S
Keterangan
Y : Pendapatan
C : konsumsi
S : Tabungan
Antara MPS dan MPS mempunyai hubungan yang cukup erat hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut
MPS + MPC = 1
MPC = 1 – MPS atau
MPS = 1 – MPC



VII. KESEIMBANGAN TINGKAT KONSUMSI
Keseimbangan konsumsi terjadi apabila semua pendapatan habis dipakai untuk konsumsi. Jadi dapat dirumuskan : Y = C
Dapat dicontohkan dari fungsi konsumsi pada contoh di atas dapat dihitung :
Y = C
Y = 100 + 0,6Y
Y – 0,6Y = 100
0,4Y = 100
y = 250

Setelah mempelajari modul di atas anda harus bisa mengerjakan LKS 6 klik berikut ini

Selanjutnya contoh soal lainnya bisa klik disini

yang berminat silahkan download versi PPT atau Doc

47 Balasan ke KONSUMSI DAN TABUNGAN DAN INVESTASI

  1. iche mengatakan:

    makasih ya………………..
    bermanfaat sekali….
    yg comment an:@radinal…ap yg dsampaikan udah bener….itu teori……..coba deh kuliah. pasti nemu teori ini.. tengkyu….

  2. budhy mengatakan:

    susah ya.hadehhhh

  3. boy galung mengatakan:

    maav pak kalo boleh nanya,, fungsi tabungan
    s=-100+0,2Y
    0,2 nya berasal dari mana pak??

  4. hamdan mengatakan:

    bagus nich materinya..

    boleh di share yach…

  5. essy mengatakan:

    Pak klo ada soal seperti ini, diketahui MPC=0,8. Jika pemerintah ingin menaikkan pajak sebesar 100, maka pengaruh pendapatan masyarakat adalah…
    A. naik 500
    B. turun 500
    C. naik 400
    D. turun 400
    E. tidak berubah
    saya nemuin soalnya dari soal olimpiade ekonomi. makasih

  6. rendy mengatakan:

    waduh pusing amat dua hari lagi OSN ekonoim…..minta doanya ya….

  7. loki situmorang mengatakan:

    mana investasi nya??? :(

  8. tam mengatakan:

    terimakasih ilmunya bermanfaat sekali, semoga sukses.

  9. nurulfaritha mengatakan:

    hubungan konsumsi dan tabungan apa? tolong dijawab. trims

  10. Rohmatul Hidayati mengatakan:

    sya ssah ini mngerjkan soal bisa di bntu nggak?
    nie soalnya “fungsi konsumsi suatu Negara diketahui C=10+0,6Y ,mka besarnya national income equilibrium adalh ….”

    tlong di bntu yha,mkziii

    • wardayadi mengatakan:

      syarat equilibrium Y = c
      maka jawabnya : Y = 10 + 0.6 Y
      Y – 0.6 Y = 10
      0.4Y = 10
      Y = 10 : 0.4
      Y = 10 x 10/4
      Y = 100/4
      Y = 25
      jadi National incame equilibrium 25

  11. Herry Putra Pambudi mengatakan:

    tolong ea kasih tau cara ngerjainnya soalnya aq dah cari gk ktmu2.
    Hubungan antara pendapatan (X) dan konsumsi (Y) yang ditunjukkan dalam suatu persamaan Y=20+2,5X maka besar MPC adalah…
    mohon jawabannya beserta pembahasanya ya terimakasih…

    • wardayadi mengatakan:

      MPC = Tambahan Konsumsi : tambahan Pendapatan ( Marginal Propensity to Consumsi )
      dalam persamaan di soalmu besarnya MPC = b = 2.5
      Tapi secara teori seharusnya besarnya MPC tidak lebih dari 1
      tapi mengapa di soal itu besarnya MPC kok lebih dari 1 yaitu 2.5

  12. Herry Putra Pambudi mengatakan:

    trimakasih banyak atas jawabannya, kalau ada kesulitan lagi bolehkan saya tanya kembali,
    hehe…

  13. dian mengatakan:

    kalau ini pada suatu RT ngara diketahui fungsi konsumsinyaa C=3000 m+0,6Y
    ditanya A.fungsi konsumsi
    B.besarnya nilai tabungan negara tersebut pada saat pendapatan sebesar 30.000M
    C.besarnya nilai konnsumsi negara tersebut pada saat pendapatan nya diaokasikan pada tabungan ,,,,,,,mohon pembahasannya

    • wardayadi mengatakan:

      diketahui fungsi konsumsi : C = 3000 M + 0.6 Y
      jawab :
      a. Fungsi Tabungan : S = -3000 M + 0.4 Y
      b. Besarnya tabungan pada saat Y = 30.000 M adalah :
      S = -3000 M + 0.4 ( 30.000 M )
      S = -3000 M + 12.000 M
      S = 9.000 M
      c. Pertanyaanya tidak jelas

  14. Daniel Nino mengatakan:

    bisa didownload yach

  15. Herry Putra Pambudi mengatakan:

    pak mohon jawabanonya segera ya.
    Diketahui fungsi konsumsi masyarakat adalah C : 50.000+0,25Y. jika pendapatan nasional sebesar Rp 170.000,00 besarnya tabungan masyarakat adalah…

    • wardayadi mengatakan:

      diketahui
      C= 50.000 + 0.25 Y
      jadi Fungsi Tabungannya S = – 50.000 + 0.75 Y
      Jika pendapatan nasuinal 170.000 jadi Tabungannya adala :
      S = -50.000 + 0.75 ( 170.000 )
      S = -50.000 + 127.500
      S = 77.500
      Jadi besar tabungan 77.500

  16. dewi mengatakan:

    jika di ketahui persamaan konsumsi : C=20+0,90Y maka konsumsi
    sebanyak … ?

  17. Zulfha mengatakan:

    Huu … P’sush cx .

  18. May femuniza mengatakan:

    Waah…bguz bgt ini materi.a…
    Bza nambah wawasan pngetahuan.

  19. laili mengatakan:

    Mohon bantuannya ya pak..
    Diketahui suatu konsumsi masyarakat mempunyai persamaan c=20+0.75y. bila diketahu pendapatan nasional masing-masing 40, 80, 100, dan 160. carilah besarnya C, S, MPC, MPS dan juga perlu diketahui APC, APS..
    Terima kasih

    • wardayadi mengatakan:

      jika y = 40 maka C = ?
      C = 20 + 0,75 ( 40 )
      C = 20 + 30
      C = 50
      Y = C + S
      40 = 50 + S
      S = -10
      dst……

      • laili mengatakan:

        untuk yang mencari c dan s nya saya sudah mulai mengerti… terima kasihh..

        tapi saya masih bingung dalam mencari MPC, MPS, APC, APS..
        Itukan ada pajaknya, sedangkan di soalnya tidak diketahui pajakanya..
        Itu solusinya bagaimana ya??
        Mohon bantuannya ya..
        Terima kasih

  20. lina mengatakan:

    salam pak….,, bantuin dong sy,, udh 3 hr ngk tahu ngerjain 1 soal aj,….pusing,,,,,,ne fc saya lina m siagian…… pendptan 1jt, pengeluaran konsumsi 1150000, pndptan meningkat 2 jt. pengeluaran meningkat 1950.000. ditanya brp BEP pd pendptan,, pada pendapatan 875000 ,brp PS……..pd tingkat pndptn sebesar 4 %…..bls pak

  21. wardayadi mengatakan:

    ya kalo konsumsi meningkat berarti kebutuhan barang dan jasa juga meningkat kemudian perusahaan akan menambah persediaan barang dan jasa pada akhirnya perusahaan menambah tenaga kerja. jadi naiknya konsumsi dapt mengakibatkan naiknya permintaan tenaga kerja.

  22. wardayadi mengatakan:

    ya sama-sama. baca terus blog saya…..!!!!

  23. wardayadi mengatakan:

    salam kenal juga

  24. radinal adiguna mengatakan:

    Berarti itu sama saja mengajak kita beramai-ramai melakukan konsumsi yg sama halnya dg pemborosan… konsumsi yg dimaksud itu seharusnya adalah konsumsi yg produktif seperti investasi(sektor swasta) membangun pabrik baru, membeli mesin2, pengeluaran pemerintah pembangunan infrastruktur seperti pembuatan jalan dan jembatan agar penyaluran distribusi lancar supaya kegiatan perekonomian tetap berjalan tersedianya lapangan kerja hingga terjadi pertumbuhan ekonomi

  25. wardayadi mengatakan:

    yang saya sampaikan itu hanya teorinya tentang konsumsi, investasi dan tabungan. yang bapak sampaikan itu termasuk investari dan pengeluaran pemerintah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: