JURNAL REFLEKSI CGP MINGGU KE 1

JURNAL REFLEKSI MINGGU 1

Wardayadi CGP Angkatan 3

23 AGUSTUS 2021

Awal pelaksanaan kegiatan Program Guru Penggerak, saya masih mengalami kebingungan  antara lain tentang  pola pelaksanaan, pemakaian LMS, banyaknya tugas serta pembagian waktu antara menjalankan tugas pokok sebagai guru dengan mengikuti PGP ini. Setelah seminggu ini kebingungan itu mulai tidak terasakan justru memberikan semangat dan tantangan untuk mengikuti PGP ini. Semangat itu muncul setelah berkolabirasi dengan teman sejawat dalam mempelajari topik materi yang ada di LMS yang dipandu oleh Fasilitator dan penyampaian dari Instruktur Nasional. Materi pada minggu ini terdapat tiga topik materi yaitu 1) Mulai Dari Diri yang berisi Refleksi Diri Tentang Pemikiran KHD, 2) Eksplorasi Konsep berisi tentang konsep-konsep pemikiran KHD dalam pendidikan, 3) Ruang Kolaborasi berisi mendesain kerangka pembelajaran seuai dengan pemikiran KHD. Konsep-konsep materi yang saya dapat antara lain perbedaan pendidikan dengan pengajaran, menuntun, kodrat alam dan kodrat zaman, konsep budi pekerti, konsep merdeka belajar, semboyan KHD, sistem among, desain kerangka pembelajaran, profil pelajar pancasila. Konsep materi yang saya dapat tersebut menjadikan landasan dalam menjalankan peran sebagai seorang calon guru penggerak.

Membaca materi di LMS dan setelah mendapat penjelasan dari narasumber ternyata ada beberapa hal yang berbeda dalam praktik mengajar saya selama ini. Gagasan yang berbeda yaitu pendapat tentang “menuntun”. Selama ini konsep tersebut hanya saya pahami dan saya praktikkan sebatas menjadi seorang pengajar di sekolahan, ternyata makna menuntun itu lebih luas filosofinya bukan sekedar memberikan mentrasfer ilmu namun bermakna membimbing, mengarahkan anak sesuai kodratnya sampai mencapai keselamatan dan kebahagian setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Banyak konsep yang saya dapat setelah mempelajari pemikiran KHD dalam materi selama seminggu ini yaitu :

  1. Konsep pendidikan dan pengajaran,
  2. Konsep Tujuan Pendidikan
  3. Konsep Budi Pekerti
  4. Konsep Among
  5. Konsep Semboyan KHD
  6. Konsep Merdeka Belajar
  7. Konsep Profil Pelajar Pancasila

Konsep diatas merupakan konsep utama senantiasa perlu saya terapkan sebagai seorang calon guru penggerak, bahkan sampai menjadi guru penggerak nantinya. Konsep tersebut sangat menginspirasi dalam hal menjalankan tugas sebagi seorang pendidik iklas dan merdeka. Memang sangat berat untuk menjalankan konsep diatas namun akan terbayar dengan melihat peserta didik menjadi anak yang menpunyai budi pekerti mulia dan bijaksana serta pelajar pancasila. Perubahan pada diri yang ingin saya laulan setelah mendapat materi pada minggu ini terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran yang berpusat sepenuhnya pada peserta didik yang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Perubahan diri ini saya utamakan untuk mewujudkan merdeka belajar sehingga tercapailah pelajar pancasila. Disini saya berperang hanya sebagi penuntun atau fasilitator dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik akan merasa senang dan tanpa terbebani dalam mengikuti proses pembelajaran yang saya laksanakan.

Tinggalkan komentar